Rabu, 26 September 2012

Cara Mengatasi Tumpahan Mercury

“Tumpahan bahan kimia dapat terjadi kapan dan dimana pun”

Merck:/category_description/images/1509500_l-1-absorbents_for_spilled_liquids.jpgMelihat pernyataan diatas ini tentunya Anda semua setuju, bahwa dimana pun dan kapan pun kecelakaan yang mengakibatkan tumpahan bahan kimia dapat terjadi. Termasuk di area kerja Anda sehari-hari, hal ini mungkin dapat terjadi apapun penyebabnya. Kecelakaan ini membawa resiko terhadap pengguna bahan kimia maupun lingkungan kerja. Resiko yang dapat ditimbulkan pun bervariasi, dari ringan hingga yang paling berat sekali pun, yaitu kematian apabila hal ini tidak dipandang sebagai suatu hal yang penting mesti ada di area kerja Anda.

Melihat hal diatas, maka seluruh pengguna bahan kimia disarankan untuk menyiapkan prosedur penanganan tumpahan bahan kimia. Penting pula, bahwa prosedur tersebut juga perlu disosialisasikan kepada seluruh pengguna bahan kimia di area kerja Anda agar dapat dilaksanakan apabila tumpahan terjadi.

Di dalam prosedur tersebut, tentunya terdapat material atau bahan penyerap tumpahan yang sepatutnya bersifat inert atau tidak bereaksi dengan tumpahan untuk mencegah resiko bahaya lebih lanjut. Lebih baik lagi, jika bahan penyerap tersebut juga memiliki sifat sebagai penetral tumpahan. Sifat-sifat bahan penyerap yang demikian itu dapat Anda temui di produk Merck Chemicals, yang bernama Chemizorb®.

Chemizorb® memiliki keunggulan yang tidak saja memiliki sifat-sifat diatas, tapi juga mampu menyerap tumpahan hingga 4 kali beratnya sendiri. Hal ini dikarenakan Chemizorb® berisikan mineral berpori, ko-polimer sintetik dalam bentuk serbuk atau granul. Chemizorb® hadir dalam 3 bentuk, yaitu Chemizorb® generalis, spesialis (asam, basa, atau khusus asam hidrofluorat), dan kit khusus untuk menyerap tumpahan air raksa (Hg).

Chemizorb® generalis yang tidak larut dalam air atau media lain yang berbentuk cair ini tersedia dalam 2 bentuk, serbuk dan granul. Bentuk serbuk memungkinkan penutupan area permukaan tumpahan yang lebih luas dibandingkan dengan bentuk granul. Hanya saja, bentuk serbuk ini tidak cocok digunakan di ruang terbuka, seperti gudang bahan kimia, karena dapat terbang terbawa aliran udara. Dalam hal ini, bentuk granul yang justru direkomendasikan.

Jika bahan kimia yang Anda pakai spesifik asam, basa, atau khusus asam hidrofluorat, maka bukan Chemizorb® generalis disarankan, tetapi Chemizorb® spesialis. Hal ini dikarenakan Chemizorb® spesialis  ini mampu menyerap tumpahan dan sekaligus sebagai penetral tumpahan. Selain itu, Chemizorb® spesialis dilengkapi pula dengan indikator pH. Indikator pH ini akan memberikan indikasi warna dalam melihat apakah proses penetralan tumpahan telah atau belum sempurna. Sebagai contoh, indikator pH dalam Chemizorb® Asam akan menunjukkan warna oranye atau kuning yang menandakan proses penetralan telah sempurna dilakukan. Tentu saja, setelah proses penyerapan ini selesai, Chemizorb® yang telah mengikat zat tumpahan dikumpulkan dan dipindahkan ke wadah pembuangan untuk selanjutnya diperlakukan sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku. Daerah yang terkontaminasi oleh tumpahan dapat dibersihkan dengan air secukupnya.

Selain jenis diatas, Chemizorb® juga tersedia dalam bentuk kita yang siap pakai untuk tumpahan merkuri atau persenyawaan merkuri. Kit ini kami namakan All-in-one set” Chemizorb® Hg. Karena merkuri ini merupakan satu-satunya logam yang berbentuk cairan pada temperatur kamar ini memiliki sifat beracun dan teratogenik, maka kita perlu ekstra hati-hati dalam menangangi tumpahan. Oleh karena itulah, kami telah menyiapkan kit untuk Anda pakai dengan aman sesuai dengan prosedur yang telah tersedia di dalam kemasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar